10/29/2009

Metode pengajaran

Gw itu orangnya sangat amat males menghafal, jadi tentu aja ada pelajaran yang gw benci, such as biology, PKN atau pun sejarah. beneran deh gw ga suka sama pelajaran menghafal. gw lebih suka pelajaran mat dibanding pelajaran apapun (tapi gw juga ga suka fisika-maunya apa sih sebenernya gw-)

Ngomong ngomong soal biologi, gw jadi keinget sama pengajar bimbel gw di BTA (bimbingan Tes Alumni) di daerah kebayoran, deket sekolah gw. Namanya kak Iqbal. Menurut gw dia satu2nya orang yang bisa membuat gw ngerti what the biology is. whats the point of interest dari si lecture tersebut. (walaupun tetep ya sampe sekarang gw ga suka bio)

SI kak iqbal itu selalu nyelipin cerita cerita ke-biologi-an yang sangat menarik saat lagi ngajar. Ceritanya selalu bikin kita ga pernah asik sendiri saat dia ngajar. mulai dari global warming sampe gigi nya ikan hiu yang rapuh.

Dan cara mengajari dia itu lain dari yang lain menurut gw, biasanya si pengajar memisahkan antara waktunya belajar serius atau santai. tapi kalo dia ini selalu menggabungkan dua duanya, tanpa out of topic. Kan kalo ada perbedaan segmen antara belajar serius dan waktunya santai kita bisa aja dengerin si pengajar pas dia lagi cerita cerita aja. nah kalo sama si Kak Iqbal, kita jadi bener bener dengerin apa yang dia omongin.

Nah metode Kak Iqbal ini yang menurut gw metode mengajar memaksa dengan sendirinya. Dia ga perlu lagi maksa murid muridnya untuk ngedengerin dia (namanya juga masih menjadi murid, pasti masih males malesan gitu kan ngedengerinnya). Dan hasilnya gw bisa ngerti materi biologi watu kelas tiga, padahal pelajarannya itu kan kompleks banget. Mulai dari siklus krebs, fotosintesis, katabollisme, anabolisme dan kawan2nya.

Jadi menurut gw, metode pembelajaran kayak gitu yang tepat buat murid SMP-SMA. beneran salut deh sama Kak Iqbal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar